Komunikasi

Definisi Komunikasi

komunikasi merupakan suatu proses sosial yang sangat mendasar dan vital dalam kehidupan manusia. Dikatakan mendasar karena setiap masyarakat manusia, baik yang primitif maupun yang modern, berkeinginan mempertahankan suatu persetujuan mengenai berbagai aturan sosial melalui komunikasi. Dikatakan vital karena setiap individu memiliki kemampuan untuk berkomunikasi dengan individu-individu lainnya sehingga meningkatkan kesempatan individu itu untuk tetap hidup (Rahmat, 2003)

Setiap saat semua orang selalu berbicara tentang komunikasi. kata komunikasi sangat dikenal, tetapi banyak diantara kita yang kurang mengerti makna dari komunikasi walaupun kita selalu memperbincangkannya dan melakukannya.

Ditinjau dari etimologi, komunikasi berasal dari kata communicare yang berarti "membuat sama". Definisi kontemporer menyatakan bahwa komunikasi berarti "mengirim pesan". Menurut Effendy (2003), istilah komunikasi (communication) berasal dari kata latin communication, dan bersumber dari kata communis yang berarti sama. sama disini berarti sama makna.

Menurut Effendy (1989), komunikasi adalah proses penyampaian pesan dalam bentuk lambang bermakna sebagai paduan pikiran dan perasaan berupa ide, informasi, kepercayaan, harapan, imbauan, dan sebagainya, yang dilakukan seseorang kepada orang lain, baik langsung secara tahap muka maupun tak langsung melalui media dengan tujuan mengubah sikap, pandangan atau perilaku.

Menurut Wilbur Schramm dan Sir Gerald Barry dalam Effendy (2003), Istilah komunikasi berasal dari perkataan bahasa Inggris "Communication" yang menurut Willbur Schramm bersumber pada istilah latin "Communis" yang dalam bahasa Indonesia berarti "sama" dan menurut Sir Gerald Barry yaitu "Communicare" yang berarti bercakap-cakap. Jika kita berkomunikasi, berarti kita mengadakan kesamaan dalam hal ini kesamaan pengertian atau makna.

Menurut Mulyana (2005), kata komunikasi atau communication dalam bahasa Inggris berasal dari bahasa Latin communis yang berarti "sama", communico, communicatio, atau communicare yang berarti "membuat sama" (to make common). Istilah pertama (communis) adalah istilah yang paling sering sebagai asal usul komunikasi, yang merupakan akar dari kata-kata Latin lainnya yang mirip. Komunikasi menyarankan bahwa suatu pikiran, suatu makna, atau suatu pesan dianut secara sama.

Komunikasi adalah hubungan kontak antar dan antara manusia baik individu maupun kelompok. Dalam kehidupan sehari-hari disadari atau tidak disadari komunikasi adalah bagian dari kehidupan manusia itu sendiri, paling tidak sejak ia dilahirkan sudah berkomunikasi dengan lingkungannya. Gerak dan tangis yang pertama pada saat ia dilahirkan adalah tanda komunikasi (Widjaya, 2000)

Menurut Widjaya (2010), komunikasi pada umumnya diartikan sebagai hubungan atau kegiatan yang ada kaitannya dengan masalah hubungan atau diartikan pula saling tukar-menukar pendapat. Komunikasi dapat pula diartikan sebagai hubungan kontak antara manusia baik individu atau kelompok.

Menurut Shannon dan Weaver dalam Wiryanto (2004), menyatakan bahwa komunikasi adalah bentuk interaksi manusia yang saling mempengaruhi satu sama lain, sengaja atau tidak sengaja dan tidak terbatas pada bentuk komunikasi verbal, tetapi juga dalam hal ekspresi muka, lukisan, seni dan teknologi.

Menurut Edward Depari dalam Effendy (2011), komunikasi adalah proses penyampaian gagasan, harapan dan pesan melalui lambang tertentu, mengandung arti dilakukan oleh penyampai pesan ditujukan kepada penerima pesan. secara terminologis komunikasi berarti proses penyampaian suatu pernyataan oleh seseorang kepada orang lain. Pengertian ini jelas bahwa komunikasi melibatkan sejumlah orang, dimana seseorang menyatakan sesuatu kepada orang lain untuk memberi tahu atau untuk mengubah sikap, pendapat, atau perilaku, baik langsung secara lisan, maupun tak langsung melalui media.

Berdasarkan definisi komunikasi diatas, secara singkat dapat menjelaskan komunikasi merupakan bentuk interaksi dan dapat saling mempengaruhi, karena komunikasi sendiri merupakan sebuah transmisi informasi, gagasan, emosi, keterampilan dan sebagainya dengan menggunakan lambang-lambang atau kata-kata, gambar, bilangan, grafik dan sebagainya.

Daftar Pustaka

  1. Effendy, Onong Uchayana. 1989. Kamus Komunikasi. Bandung:PT Mandar Maju.
  2. Effendy, Onong Uchayana. 2003. Ilmu, Teori dan Filsafat Komunikasi. Bandung:Remaja Rosdakarya.
  3. Effendy, Onong Uchayana. 2011. Ilmu Komunikasi Teori dan Praktik. Bandung:Remaja Rosdakarya.
  4. Mulyana, Dedi. 2005. Ilmu Komunikasi Sebagai Suatu Pengantar. Bandung:Remaja Rosdakarya.
  5. Rahmat, Jalaluddin. 2003. Psikologi Komunikasi. Bandung:Remaja Rosdakarya.
  6. Wijaya, H.A.W. 2000. Ilmu Komunikasi Pengantar Studi. Cetakan Kedua, Edisi Revisi. Jakarta:Rineka Cipta.
  7. Wijaya. 2010. Komunikasi dan Hubungan Masyarakat. Jakarta:Bumi Aksara.
  8. Wiryanto. 2004. Pengantar Ilmu Komunikasi. Jakarta:Gramedia Widiasarana Indonesia.